Hari Ini:

Senin 20 Nov 2017

Jam Buka Toko:

08.00 - 20.00 WIB

Telpon:

(0283) 6185158

SMS/Whatsapp:

0812-3480-0392

Line ID:

Unggultani

BB Messenger:

5FBCCB75

Email:

arbaastore@gmail.com

Cara Mempercepat Pertumbuhan ayam Kampung Pedaging Pola HCS

08 Desember 2016 - Kategori Blog

Bagi Anda yang sedang cari Inspirasi Bisnis Rumahan, atau yang sudah beternak ayam kampung super tetapi keuntungannya masih kecil kami akan berbagi pengalaman untuk Anda… Berikut ini saya akan memberikan tips untuk anda yang sedang beternak ayam kampong pedaging, cara mempercepat membesarkan ayam kampung pedaging dengan citarasa daging mendekati atau bahkan mirip dengan ayam kampung lokal. Ini dia…

pakan-ayam-kampung-pedaging

Tips Cara Pempercepat Pertumbuhan Ayam Kampung Pedaging

  1. Bibit ayam kampung yang kita pelihara haruslah ayam kampung super yang cepat besar, biasa orang menyebutnya Ayam Joper (Jowo super). Supaya pertumbuhan cepat dan bisa dipacu pertumbuhannya.
  2. Usahakan kandang yang digunakan sistem umbaran, jangan di kandang batere.  Lebih baik lagi, alasnya tanah sehingga ayam bebas berkeliaran dan dalam kandang tersebut buatlah tangkringan ayam dari kayu atau bambu, kan ayam suka lompat, loncat dan nagkring, ini akan melatih otot ayam sehingga relatif kekar.
  3. Nah ini yang terpenting, rekayasa pakan/ransum.  Pakan bisa kombiansi antara pakan Pabrikan dengan pakan bikinan sendiri atau pakan fermentasi pola HCS.  Kita tau kalo supaya ayam cepat besar, intinya ransum harus mengandung protein tinggi. Nah, protein ini bisa dicari dengan pakan pabrik (mis BR 1), atau bahan kita pakai  dari ikan atau yuyu, keong atau tepung ikan.  Untuk praktisnya, saya mending beli BR 1.  Nah Kalo pakan Fermentasi kita bisa bikin sendiri dengan bahan Dedak/bekatul, tepung jagung, tepung ikan, ampas tahu, sayuran dan stater saya menggunakan SOC HCS ditambah gula pasir. Baik mari kita bahas tentang cara pembuatan pakan fermentasi untuk ayam kampong pedaging.

Alat yang digunakan untuk membuat pakan fermentasi :

  • Terpal untuk alas fermentasi
  • Ember untuk tempat air pencampuran soc HCS dengan gula pasir
  • Gembor/spayer untuk menyiram larutan SOC HCS
  • Drum plastik atau ember bekas cat bisa digunakan untuk proses fermentasi

Cara membuat pakan fermentasi untuk Ayam Kampung Pedaging per 100 kg

  1. Gelar ampas tahu sebayak 30 kg diatas terpal sebagai alas secara merata setebal 5 cm
  2. Tabur tepung jagung sebanyak 20 kg di atas ampas tahu supaya menutupi ampas tahu
  3. Tabur sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil sebanyak 10 kg di atas tepung jagung
  4. Lalu taburkan tepung ikan sebanyak 10 kg diatas sayuran
  5. Berikutnya taburkan dedak/bekatul sebanyak 30 kg diatas tepung ikan
  6. Kemudian larutkan gula pasir sebanyak 250 gr kedalam 20 liter air lalu tambahkan SOC HCS sebanyak 20 tutup dan tunggu hingga 15 menit.
  7. Langkah selanjutnya siramkan larutan SOC tadi diatas hamparan dedak tadi
  8. Lalu aduk hingga rata, sambil control kelembaban kurang lebih sekitar 30% atau memal atau nyemek-nyemek atau jika di kepal tidak menetes dan ngepyur.
  9. Masukan ke dalam drum atau ember cat secara padat lalu ditutup rapat kalo bisa lapisi plastic terlebih dahulu.
  10. Proses fermentasi selama 24 jam, pakan siap di berikan ke ayam

Cara pemberian Pakan/ransum pada Ayam kampong pedaging :

  • Anak ayam umur 0 – 15 hari = 100 % BR 1.  Pada umur ini jangan lupa, beri lampu/penerangan, selain supaya hangat juga bisa makan di malam hari.  Dan juga air minum diberi rebusan sayuran, contoh daun pepaya atau temu-temuan untuk menjaga kesehatan tubuh, anti cacing dan menjaga nafsu makan.
  • Umur 15 hr – 1 bulan = 50% BR 1 : 50% pakan fermentasi buatan sendiri.  Pada umur ini lampu sudah bisa dikurangi bertahap.
  • Umur 1 bulan – 1,5 bulan = 30% BR1 : 70% pakan fermentasi
  • Umur 1,5 bulan – 2 bulan = 20% konsentrat daging : 80% pakan fermentasi.
  • Umur 2 bulan keatas = full pakan fermentasi atau 100%.
  • untuk air minumnya silakan gunakan SOC HCS dari umur nol sampai panen dengan dosis 2,5 ml atau 1/4 tutup SOC HCS dicampur dengan air sebanyak 15 liter.

ayam_kampung-pedaging

Nah, dengan cara diatas, alhamdulillah selain ayam kampung cepat pertumbuhannya, juga sehat dan sejauh ini citarasanya seperti ayam kampung biasa.  Bobot ayam kampung super dengan ransum seperti kira-kira umur 2,5 – 3 bulan mencapai 1.2 kg-an atau lebih, walau ada yang kurang, kan lebih banyak yang lebih dari bobot target, dengan syarat ayam sehat, makanan teratur dan kandang mendapat cukup sinar matahari.

Sebenarnya komposisi pakan diatas, bisa diotak-atik sendiri.  Pada prinsipnya penambahan protein yang cukup signifikan akan berdampak pada cepatnya pertumbuhan ayam.   Untuk menghindari 100 % pakan jadi dari pabrik, karena nanti pasti dagingnya lembek, walaupun pertumbuhaannya pesat. Oya, saya juga sering menambahkan pada pakan, yaitu singkong, talas maupun ubi.  Semua ini saya lakukan agar ayam kenyang dan yang penting struktur dagingnya yang pasti kenyal karena makannya beragam.  Untuk ayam dewasa menghabiskan kira-kira pakan 80 – 100 gram pakan, tergantung jenis ayam, umur, dan jenis kelamin. Sekian dulu pembahasan tentang Cara pempercepat pertumbuhan ayam kampung pedaging dari kami, dan jika Anda membutuhkan Stater untuk fermentasi yaitu SOC HCS silakan belanja di toko Unggultani.com caranya silakan Klik tulisan SOC HCS lalu langsung klik BELI, selamat mencoba…

Sebelum keluar dari Blog ini silakan tonton dulu Video testimony tentang penggemukan Ayam Kampung Pedaging berikut ini :

,

hit counter html code