Hari Ini:

Senin 20 Nov 2017

Jam Buka Toko:

08.00 - 20.00 WIB

Telpon:

(0283) 6185158

SMS/Whatsapp:

0812-3480-0392

Line ID:

Unggultani

BB Messenger:

5FBCCB75

Email:

arbaastore@gmail.com

Cara Meningkatkan Produktifitas Bebek Petelur dengan Pakan Fermentasi SOC HCS

09 Desember 2016 - Kategori Blog

Sebagian besar peternek bebek petelur biasanya dengan cara di gembalakan atau diangon di sawah-sawah yang sedang ramai masa panen padi, yang bertujuan untuk menghemat pakan, nutrisi juga alami juga tersedia begitu banyak ketika bebek diangon di sawah. Namun demikian cara ini punya kelemahan yang diantaranya peternak harus selalu berpindah mengikuti perpindahan lokasi panen yang sedang berlangsung, biaya pindah dari satu lokasi ke lokasi lain juga cukup besar, belum lagi peternak sendiri harus selalu mengawal setiap saat baik siang maupun malam hari artinya harus menginap di sawah bersama bebek. Berbeda dengan beternak bebek dengan system kandang walau harus menyiapkan biaya operasional untuk pakan namun system ini lebih menjanjikan, dan bisa diperbanyak jumlah ternaknya dan peternak pun bisa lebih nyaman merawat ternaknya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat pakan yang murah dan praktis, berikut adalah cara meningkatkan produktifitas bebek petelur dengan pakan fermentasi menggunakan SOC HCS.

bebek-petelur-hcs

Bahan untuk Membuat Paka Fermentasi Bebek petelur pola HCS

  1. Dedak (bekatul) sebanyak 40%
  2. Tepung jagung sebanyak 30%
  3. Tepung ikan Sebanyak 20%, bisa menggunakan ikan segar curah, keong, bekicot, cangkang kerang, dan lainnya. Yang sudah ditumbuk/digiling halus.
  4. Serat(sayuran) sebanyak 10%, sayuran bisa memakai gedebog atau limbah pasar yang berupa sayuran. Dicacah halus agar mudah dimakan.
  5. Gula pasir sebanyak 100 gr
  6. SOC HCS 20 tutup setiap pembuatan pakan sebanyak 100 kg

Sebelum pembuatan pakan fermentasi sediakan dulu alat-alat untuk proses pembuatan seperti, ember, golok untuk cacah sayuran, terpal untuk alas pencampuran, drum/ember cat untuk proses fermentasi. Jika peralat sudah siap langsung saja kita mulai …

proses pembuatan pakan fermentasi bebek petelur pola HCS

  • Gelar terpal untuk alas pembuatan, cacahlah sayuran dengan ukuran keci-kecil, jika sudah selesai silakan ditumpuk tipis setebal 5 cm.
  • Taburlah tepung jagung merata diatas tumpukan sayuran.
  • Taburkan tepung ikan diatas hamparan tepung jagung.
  • Taburkan dedak/bekatul diatasnya sampai semua bahan tertutup rapat.
  • Lalu larutkan gula dalam ember yang berisi air 20 liter kemudian masukan 20 tutup SOC HCS dan diaduk hingga larut dan biarlan selama 15 menit.
  • Siramkan diatas hamparan bahan sampai semua basah merata
  • Kemudian aduklah sampai rata dan kebasahan/kelembaban sekitar 30%, tambahlah air jika masih kurang dan aduk kembali sampai posisi memal dg tanda jika dikepal tidak netes air dan ngepyur.
  • Masukan kedalam drum/ember cat bertutup dengan padat dan tutup rapat dilapisi plastic bagian atasnya
  • Proses fermentasi selama 24 jam dan pakan siap diberikan.

Cara pemberian pakan fermentasi pada bebek petelur

Pemberian pakan untuk bebek petelur adalah pada waktu pagi sekitar jam 7.00-8.00, siang jam 12.00-13.00 dan sore jam 17.00-18.00 serta selalu tersedia air minum disampingnya saat pemberian pakan. Dengan pemberian pakan pola fermentasi HCS bebek akan berpoduksi dengan stabil 80-90%, angka kematian juga sangat rendah, berproduksi lebih lama dan kotoran juga tidak bau sehingga tidak mengganggu tetangga. salam sukses dari kami…

Bagi Anda yang membutuhkan SOC HCS bisa di beli di toko Unggultani.com kami akan melayani dengan senang hati, jangan kemana-mana dulu silakan tonton Video ternak bebek petelur pola HCS di bawah ini, terimakasih.

,

hit counter html code