Hari Ini:

Rabu 25 Apr 2018

Jam Buka Toko:

08.00 - 20.00 WIB

Telpon:

(0283) 6185158

SMS/Whatsapp:

0812-3480-0392

Line ID:

Unggultani

BB Messenger:

5FBCCB75

Email:

kosimagro@gmail.com

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dan Domba

03 Desember 2016 - Kategori Blog

cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing-domba

Bahan Untuk Membuat Pakan Fermentasi Kambing/Domba

Bahan yang paling utama yaitu serat, serat bisa memakai semua limbah pertanian yang pada dasarnya bahan itu tidak beracun, bahan apa yang beracun? Contohnya pohon singkong karet, bahan ini jangan digunakan untuk membuat pakan fermentasi. Anda bisa memakai limbah pertanian yang mudah didapat di sekitar kita, seperti gedebog, jerami, batang jagung, rampak kedelai, rampak kacang-kacangan, eceng gondok, tebon tebu, rumput gajah, limbah kelapa sawit dan lai sebagainya. Bahan ini butuh 70-80% dari total pembuatan pakan fermentasi sebanyak 100 kg pakan.

Bahan yang penting lainnya yaitu yang ada kandungan protein, bahan ini bisa Anda dapat dari limbah pabrik tahu, baik ampas tahu maupun air rebusan kedelai bisa anda manfaatkan, jika ampas tahu susah didapat di daerah Anda, silakan pakai alternative yang lainnya seperti ampas kecap, bungkil kedelai, kulit kacang tanah, ari kedelai(tumpi), ari kacang hijau, ari kacang tanah, susu BS, Roti BS atau bisa juga memakai sumber protein dari tumbuhan seperti daun lamtoro/pete cina, daun turi, azolla dan lain sebagainya.  bahan protein butuh 20-30% dari total bahan pakan fermentasi.

Bahan yang penting ketiga adalah karbohidrat. Bahan ini biasanya menggunakan dedak/bekatul, namun jika bahan ini tidak ada bisa diganti dengan ampas telo, ampas sagu,ampas singkong, ampas gandum dan lain-lain. Dedak untuk kalori butuh 5-10% dari total bahan pakan fermentasi.

Bahan yang ke empat adalah gula pasir yang berfungsi untuk mengaktifkan mikroba dari TTM, selain itu juga sebaiknya anda menambahkan Molase/tetes tebu agar fermentasi sempurna hasilnya. Jika Anda punya gula merah/aren, sirup bs berbahan gula, juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula pasir. Dan perlu di ingat jangan gunakan pemanis buatan karena tidak mengandung kalori sebagai energy sebagai sumber makanan mikroba.

Bahan yang kelima adalah garam, Anda bisa gunakan garam dapur atau garam krosok(garam yang belum diolah), jumlah garam yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentas kambing dan domba sebanyak 250 gram per 100 kg bahan pakan.

Bahan selanjutnya adalah SOC HCS atau suplemen Organik Cair dari PT. HCS Anda perlu 1 botol untuk membuat pakan fermentasi sebanyak 1 Ton-1,5 Ton pakan atau sekitar 5 tutup botol SOC HCS setiap pembuatan pakan sebanyak 100 kg bahan pakan.

Nah Kunci sukses membuat pakan berhasil adalah air sebagai penghantar ke semua bahan, kami tidak bisa menentukanberapa  jumlah air yang dibutuhkan, tapi kami punya saran jumlah air yang dibutuhkan adalah diukur dari tingkat kelembaban yaitu sekitar 30%, jika diukur dengan metode pengepalan bahan tidak menetes saat dikepal dan tidak pecah itu artinya pada kondisi memal atau cukup utuk melanjutkan proses fermentasi. Biasanya bahan yang bersifat sudah basah biasanya kami pake sekitar 4-6 liter setiap pembuatan 100 kg bahan.

Jika semua bahan sudah siap, kita lanjutkan ke proses pembuatan , Atau untuk lebih singkatnya bahan untuk membuat pakan pakan fermentasi kambing/domba  sebanyak 100 kg adalah sbb:

  1. Gedebog 70 kg
  2. Ampas tahu 20 kg
  3. Dedak/bekatul 10 kg
  4. Garam garam kotak 250 gr
  5. Molase 250 gr
  6. SOC 5 tutup
  7. Gula pasir 100 gr
  8. Air 4-5 liter

Proses Pembuatan Pakan Fermentasi Kambing/Domba

Cacah halus gedebog sebanyak ± 2 batang atau sekitar 70 kg, lalu di ratakan diatas gelaran setinggi 10-20 cm merata, lalu tabur ampas tahu diatas hamparan gedebog yg sudah dicacah, lalu taburkan dedak/bekatul diatas ampas tahu merata, taburkan garam diatasnya. Ambil ember dan diisi air sebanyak 4 liter tambahkan gula pasir 5 sdm lalu aduk sampe rata, lalu tambahkan 5 tutup botol SOC aduk dan biarkan sampai 15 menit lalu tambahkan molase/tetes tebu sebanyak 250 gr. Jika sudah 15 menit silakan kocorkan diatas bahan yang tadi sudah ditaburkan semua secara merata bisa menggunakan sprayer atau gembor atau gayung yang sudah diberi lubang dibawahnya. Kalo sudah selesai silakan aduk sampe rata. Dan dimasukan  ke dalam drum plastik biru. Min 1 jam pakan fermentasi sudah siap diberikan ke kambing/domba, Untuk lebih jelasnya silakan lihat di youtube dengan kata kunci “cara membuat pakan fermentasi pola HCS” atau bisa konsultasi gratis pada kami.

Bagi Anda yang belum memiliki SOC HCS untuk membuat pakan fermentasi silakan langsung order di toko Unggultani.com, karena dengan pola ini beternak Anda akan sangat ringan tenaga kita, tidak perlu ngarit tiap hari, tidak perlu diangon dan tidak mencemari polusi lingkungan yang diakibatkan bau kotoran ternak.

Salam sukses dari kami, Go Success…

 

,

hit counter html code