Hari Ini:

Senin 20 Nov 2017

Jam Buka Toko:

08.00 - 20.00 WIB

Telpon:

(0283) 6185158

SMS/Whatsapp:

0812-3480-0392

Line ID:

Unggultani

BB Messenger:

5FBCCB75

Email:

arbaastore@gmail.com

Penggemukan Sapi Potong Pola HCS

08 Desember 2016 - Kategori Blog

 

Ada banyak ilmu dan cara budidaya penggemukan sapi potong, salah satunya adalah dengan pola organic HCS, kami akan bahas tentang bagaimana penggemukan sapi potong pola HCS dengan managemen pakan fermentasi, namun sebelum itu ada baiknya kita simak tips dibawah ini :

penggemukan-sapi-potong-pola-hcs

Tips penggemukan sapi potong :

  1. Jenis Sapi yang Digemukkan
    Jenis sapi yang paling baik untuk digemukkan adalah jenis Limosin dan Simetal. Untuk kedua jenis sapi tersebut kenaikan berat badannya (ADG) bisa mencapai 1.5-2 kg/hari. Stelah kedua jenis sapi tersebut sapi jenis lainnya adalah SIMPO dan LIMPO yang ADG-nya mencapai 1-1.7 kg/hari.
  2. Umur dan Fisiologis Sapi
    Yang paling ideal untuk penggemukan adalah sapi berumur 2-2.5 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut tulang-tulang sapi sudah terbentuk secara sempurna sehingga proses penggemukan dapat dilakukan secara efektif. Bagaimana mengetahui usia sapi? Secara fisik pedagang-pedagang di pasar biasanya dapat mengetahui darpi gigi sapi tersebut. Untuk usia 2 tahun biasanya gigi seroi sapi sudah berganti besar 2-4 buah (poel 2-4). Apabila lebih dari itu biasanya usia sapi sudah lebih dari 3 tahun.
    Dalam pemilihan sapi selain usia, hal lain yang lebih penting adalah masalah fisik sapi tersebut. Fisik sapi yang baik meliputi panjang tubuhnya, tampilan depan dan belakang.
  3. Jangka Waktu Penggemukan
    Jangka waktu pemeliharaan ini tergantung dari tujuan peternak, apakah akan memelihara untuk jangka pendek (3-4 bulan) ataukah hanya untuk tabungan sehingga akan dipelihara untuk jangka lama (6-12 bulan). Jangka waktu pemeliharaan ini nantinya akan terkait dengan umur sapi yang dipelihara. Untuk pemeliharaan jangka pendek, sebaiknya peternak memilih jenis sapi limosin atau simetal usia 2-2.5 tahun yang mempunyai bobot antara 350-500 kg. Biasanya untuk jenis tersebut dengan pemeliharaan yang intensif mampu naik minimal 100 kg.
    Apabila peternak memilih pemeliharaan jangka panjang maka sebaiknya memilih bibitan yang agak lebih muda dan bobotnya antara 250-350 kg. Hal ini semata-mata pertimbangan harga bibitan yang lebih murah.
  4. Jenis Pakan yang Diberikan
    Pakan merupakan komponen penting dalam proses penggemukan sapi. Di peternakan kami jenis pakan yang dipakai adalah fermentasi. Pakan fermentasi diberikan pagi dan sore hari masing-masing 10 kg per pemberian pakan. Sedangkan untuk hijauan hanya kadang-kadang diberikan. Baiklah langsung kami sharekan cara membuat pakan Fermentasi pola HCS.

Bahan Pakan Fermentasi Untuk penggemukan Sapi Potong pola HCS

  • Untuk serat kita menggunakan jerami kering atau yang lainnya seperti rumput kolonjono, batang jagung, dan limbah pertanian yang lainnya sebanyak 70% dan digiling menggunakan Chopper atau alat cacah jerami atau rumput.
  • Bahan yang mengandung protein kita menggunakan ampas tahu atau bisa diganti yang lainnya seperti ampas kecap. sebanyak 20%
  • Bahan yang mengandung karbohidrat kami menggunakan dedak/bekatul sebayak 10%
  • Mineral kita gunakan garam sebanyak 250 gr
  • Molase/tetes tebu sebanyak 1 kg
  • Gula pasir senayak 100gr
  • SOC HCS sebanyak 5 tutup setiap membuat pakan sebanyak 100 kg
  • Air kita gunakan sebanyak 30% sampai bahan pada posisi rendemen atau memal, air jika kurang bisa anda tambahkan, kalo bisa jangan sampai kelebihan untuk menghindari kegagalan dalam proses fermentasi.

Cara Pembuatan Pakan Fermentasi untuk sapi Potong

  1. Gelarlah alas dengan menggunakan terpal lalu jerami yang sudah dicacah ditumpuk diatas alas tersebut dengan ketebalan sekitar 10 cm.
  2. Kemudian taburlah ampastahu diatas tumpukan jerami sampai jerami tertutup oleh ampas tahu.
  3. Selanjutnya taburlah dedak/bekatul diatas ampas tahu sampai tertutup semua.
  4. Taburlah garam sampai rata
  5. Larutkan gula pasir dengan air sebanyak 1 ember kemudian tambahkan SOC HCS dan tunggu sampai 15 menit.
  6. Siramkan kebahan sampai rata
  7. Aduk seluruh bahan sampai tercampur rata
  8. Masukan dalam drum secara padat lalu ditutup rapat jangan lupa dilapisi dengan plastic.
  9. Pakan difermentasi selama 24 jam
  10. Pakan fermentasi siap diberikan

Perhatian, air minum jangan sampai telat. Lebih bagus jika komboran diberikan setiap sore.

Demikian teknis penggemukan sapi berdasarkan pengalaman kami selama ini. Semoga bisa bermanfaat buat yang lain, terima kasih.

Bagi Anda yang membutuhkan Suplemen Organik untuk ternak SOC HCS bisa Anda dapatkan di toko Unggultani.com jangan kemana-mana dulu, simak video penggemukan sapi pola HCS di bawah ini :

,

hit counter html code