Hari Ini:

Senin 20 Nov 2017

Jam Buka Toko:

08.00 - 20.00 WIB

Telpon:

(0283) 6185158

SMS/Whatsapp:

0812-3480-0392

Line ID:

Unggultani

BB Messenger:

5FBCCB75

Email:

arbaastore@gmail.com

Bisnis Pupuk Kandang Organik/bokashi Dari Kotoran Ternak

15 Desember 2016 - Kategori Blog

Apakah Anda Sedang beternak? Apakah kotoran ternaknya sudah anda manfaatkan untuk membuat pupuk organic? Kalau kita pikir kotoran kandang yang menumpuk kita bisa jadikan sumber uang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, kotoran ternak bisa dijadikan pengganti biaya perawatan ternak itu sendiri, atau sebagai pengganti biaya pakan ternak jika kita mau mengelola menjadi pupuk organic. Selain itu juga kotoran ternak tidak menggangu masyarakat di sekeliling kita saat sudah menumpuk apalagi dibuang sembarangan. Pada kesempatan kali ini ayo kita bahas tentang mengelola kotoran ternak menjadi sumber uang, kotoran ternak kita jadikan pupuk organic yang bermanfaat, cara bisnis pupuk organic dari kotoran ternak.

Manfaat Pupuk Kandang Organik/Bokashi :

  1. Dapat digunakan untuk media tanam
  2. Untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman.
  3. Kandungan hara dalam pupuk bokashi lebih tinggi dibandingkan dengan pupuk kompos.
  4. Periode tumbuh pada tanaman lebih cepat.
  5. Peningkatan aktivitas mikroorganisme yang menguntungkan seperti mycorhiza, rhizobium, bakteria pelarut fosfat dll.
  6. Menghambat pertumbuhan hama dan penyakit yang merugikan tanaman.
  7. Bila bokashi dimasukan ke dalam tanah, bahan organiknya dapat digunakan sebagai substrat oleh mikroorganisme, efektif untuk berkembang biak dalam tanah, sekaligus sebagai tambahan persediaan unsur hara bagi tanaman.

Jika sudah mengetahui manfaat pupuk organic bokashi, kita tinggal pembuatannya namun Sebelum memulai

mengelola kotoran ternak perlu kita pikirkan akan dijual dimana dan sama siapa kita menjualnya? Atau mau kita pakai sendiri untuk memupuk sawah, ladang, kebun atau mau dimanfaatkan bertanam dalam pot/polibag disekitar rumah kita. Wauow banyak sekali manfaatnya yah sobat, jadi semakin tahu peta pemasaran kemana bokasi akan disalurkan, contohnya ke toko jual tanaman hias, ke petani penggarap sawah atau kebun. Biasanya toto tanaman hias akan menerima bokashi dalam bentuk media tanam siap pakai, media tanam siap pakai itu campurannya apa saja? Campuran media tanam yang biasa dijual di toko tanaman hias komposisinya sbb: Umunya campuran yang digunakan untuk membuat media tanam dalam pot adalah tanah (bahan utama), pasir (agar dapat menopang tanaman dengan kokoh), sekam (agar mudah mengalirkan kelebihan air) dan pupuk kandang (sebagai penunjang sumber hara tanaman) dengan takaran 3 : 1 : 1 : 1. Akan tetapi media tanam sebaikanya disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan dan lingkungan setempat. Sesudah dioplos kemasan biasanya sebesar karung ukuran 15 kg, biasa dijual sekitar Rp. 10.000/karung kecil. Jika Anda jual ke petani bokashi murni biasanya dihargai Rp. 1000/kg. saya kira Anda sudah paham cara menjualnya. Baiklah kita langsung ke cara pembuatan pupuk kandang/bokashi ..

 

Bahan-bahan Membuat Pupuk Kandang Organik Bokashi yang perlu siapkan dalam membuat 1 Ton

  • Kotoran ternak/feses sebanyak 800 kg
  • Sekam bakar sebanyak 150 kg
  • Dedak atau bekatul sebanyak 50 kg
  • Kapur dolomite sebanyak 50 kg (opsional=jika diperlukan)
  • Gula pasir sebanyak 250 gr
  • Molase/tetes tebu sebanyak 2 kg
  • PHEFOC HCS sebanyak 2 Liter atau 4 botol
  • SOT HCS sebanyak 2 Liter atau 4 botol
  • Air sebanyak 60 liter (opsional)

Sebelum memulai pembuatan pupuk kandang organic bokashi sebaiknya kita perlu meyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk proses Fermentasi antara lain Terpal sebagai penutup, ember, cangkul/sekop, sprayer, serta tenaga pengaduk minimal 2 orang.

Tahap selanjutnya dalam pembuatan pupuk bokashi adalah sebagai berikut :

Membersihkan kotoran ternak dari bibit hama berupa gulma dan fungi/jamur dengan cara disemprot PHEFOC :

 

  • Larutkan 4 botol PHEFOC HCS ke dalam 30 liter air (gunakan 2 ember).
  • Kemudian hamparkan kotoran ternak yang hendak di semprot.
  • Semprotkan larutan PHEFOC HCS secara merata memakai sprayer dengan membuat lapisan sedikit demi sedikit. Maksudnya adalah begini, di atas terpal tadi buat lapisan kotoran ternak agak tipis kemudian disemprot rata, selanjutnya di atasnya buat lagi lapisan ternak lalu disemprot, demikian seterusnya…..
  • Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan air kurang lebih 30% (ciri-cirinya adalah air tidak menetes/setengah basah dan bila dikepal dengan tangan sulit pecah)
  • Setelah diperkirakan merata dan kandungan airnya cukup, lalu kotoran ternak tersebut di gundukan jadi satu dan ditutup rapatdengan tetpal agar terjadi proses fermentasi tahap 1 selama 1 hari (24 jam)
  • Apabila telah selesai, dinginkan kotoran ternak yang sudah difermentasi tadi untuk proses fermentasi tahap ke 2

Tahap kedua adalah proses pembuatan pupuk Bokashi caranya :

  • Larutkan 4 botol SOT HCS dan 250 gr gula pasir ke dalam 5 liter air dalam ember terpisah, lalu 2 buah ember diisi air 25 liter dan campur dengan 2 kg molase/tetes tebu lalu campurkan larutan SOT HCS tadi.
  • Hamparkan kotoran ternak yang sudah difermentasi dengan PHEFOC.
  • Campurkan semua bahan : kotoran ternak, abu sekam, bekatul, dan dolomite secara merata.
  • Semprotkan larutan SOT HCS secara merata memakai sprayer dengan membuat lapisan sedikit demi sedikit (ingat cara fermentasi kotoran ternak tahap 1…..)
  • Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan airnya kurang lebih 30% (ciri-cirinya adalah air tidak menetes/setengah basah dan bila dikepal dengan tangan susah pecah).
  • Setelah tercampur dengan baik, adonan campuran tadi digundukan kembali jadi satu dan ditutup dengan rapat dengan menggunakan terpal untuk proses fermentasi tahap 2. Waktu yang diperlukan adalah selama 3 hari (72 jam).
  • Selama fermentasi suhu akan mengalami kenaikan sampai 50⁰C itu tandanya reaksi fermentasi berhasil dilakukan.
  • Kemudian dinginkan dan akhirnya pupuk bokashi pun siap anda gunakan sebagai pupuk organik. Atau siap di racik menjadi media tanam dan dikemas lalu jual deh…gampang kan ..!??

Beberapa Catatan Penting :

  1. Kurang jelas bisa konsultasi pada kami.
  2. Bila tidak ada molasse, berbagai macam gula dapat digunakan sebagai gantinya seperti gula aren, gula kelapa, jus buah, maupun sisa pembuangan alkolhol.(jangan gunakan pemanis buatan)
  3. Sebaiknya atur suhu jangan sampai terlalu panas supaya tidak terjadi proses pembusukan yang mengakibatkan bokashi menjadi rusak. Biasanya tahap awal fermentasi periksa kondisi suhu setiap 5 jam. Dapat juga digunakan termometer untuk mengukur suhu agar lebih yakin.

Semakin banyak kotoran ternak yang Anda buat akan semakin besar juga pendapatan yang Akan Anda terima, kadang tumpukan sampah/kotoran ternak akan tidak berarti apa-apa jika kita belum tahu bagaimana mengelolanya, di artikel ini Anda menemukan cara bagaimana menjadikan penghasilan dari sampah kotoran ternak. Bisnis Pupuk Kandang Organik/bokasi Dari Kotoran Ternak belum banyak yang memulai silakan Anda jadi yang pertama di daerah Anda.. Selamat berkarya..

Informasi penjualan SOT HCS dan PHEFOC HCS bisa Anda dapatkan Di toko Unggultani.com, silakan cari di Katalog Produk dan langsung klik beli  untuk order produk.

Berikut adalah Video tentang cara pembuatan Bokashi, silakan anda tonton dulu agar lebih paham cara pembuatannya

,

hit counter html code